Soal Latihan USBN 2019 Kelas 6 SD/MI Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sesuai dengan Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional/USBN SD 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019_Soal yang terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian ini dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan, sehingga memudahkan para siswa/orang tua murid/guru dalam mengoreksi hasil latihan USBN SD 2019 IPA ini.
I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling benar pada lembar jawaban yang disediakan!
1. Di sawah terdapat padi, wereng, dan burung pipit. Hubungan antarmakhluk hidup yang dapat terbentuk adalah ....
A. padi diuntungkan karena wereng membantu proses penyerbukan
B. burung pipit diuntungkan karena mendapat makanan dari wereng
C. padi dirugikan karena wereng merusak tanaman padi
D. wereng dirugikan karena mendapat makanan dari burung
2. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup berikut!
(1) Bunga mawar dengan kupu-kupu
(2) Ikan hiu dengan ikan remora
(3) Tumbuhan paku dengan tumbuhan yang ditumpanginya
(4) Burung jalak dengan kerbau
Hubungan makhluk hidup yang membentuk simbiosis mutualisme adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1) dan (4)
3. Tujuan tumbuhan jagung menggulungkan daunnya pada musim panas adalah ....
A. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar
B. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempit
C. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempit
D. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar
4. Pencemaran sungai akibat limbah pabrik di kawasan industri sangat merugikan. Cara melestarikan lingkungan di daerah tersebut adalah ....
A. melakukan penghijauan agar pencemaran air dapat dicegah
B. melakukan reboisasi di tepi sungai untuk menyerap limbah pabrik
C. mengolah limbah pabrik dengan baik sebelum dibuang ke sungai
D. membersihkan hulu sungai agar aliran air menjadi lancar
5. Burung pelatuk mempunyai bentuk paruh yang panjang, kuat, dan runcing berguna untuk ….
A. melindungi diri dari predator
B. memudahkan memperoleh makanan
C. menarik perhatian lawan jenis
D. membantu mengenali mangsanya
6. Perhatikan gambar!
Hewan yang mengalami daur hidup sesuai gambar adalah ....
A. jangkrik dan belalang
B. kumbang dan lalat
C. lebah dan nyamuk
D. capung dan kupu-kupu
7. Perhatikan gambar!
Bagian rangka yang berfungsi melindungi paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
8. Proses yang terjadi pada selaput lendir di rongga hidung adalah ….
A. penyaringan udara dari debu
B. pemisahan oksigen dan uap air
C. penyesuaian suhu dan kelembapan
D. pelepasan karbon dioksida ke luar tubuh
9. Perhatikan gambar!
Organ yang ditunjuk huruf Z pada gambar menghasilkan asam klorida yang berfungsi untuk ….
A. menggumpalkan susu
B. mencerna protein
C. membunuh bibit penyakit
D. mengubah zat tepung menjadi gula
10. Perhatikan gambar berikut!
Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti pada gambar berturut-turut adalah ….
A. umbi akar dan akar tinggal
B. umbi batang dan akar tinggal
C. umbi akar dan setek batang
D. biji dan setek batang
11. Pernyataan berikut ini yang menjelaskan tentang perkembangan manusia adalah ....
A. Proses menghasilkan individu baru yang sifatnya sama atau menyerupai induknya.
B. Proses menumbuhkan kembali bagian tubuh manusia yang rusak atau lepas.
C. Proses yang menandai perkembangan sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.
D. Proses perubahan dalam pertumbuhan manusia yang dipengaruhi tingkat kematangan fisik.
12. Seiring berjalannya waktu biasanya daya kerja otak akan mengalami kemunduran. Untuk itu otak membutuhkan stimulasi atau olahraga otak agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.
Berikut ini kegiatan yang dapat melatih kinerja otak agar berjalan dengan baik adalah ....
A. membaca buku dan melakukan hal-hal baru.
B. berolahraga dan menghindari tempat-tempat ramai.
C. mengonsumsi makanan berlemak.
D. menghindari makanan yang mengandung zat besi.
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)tidak dipengaruhi wadahnya
(2)mengikuti bentuk wadahnya
(3) menekan ke segala arah
(4) mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya
(5) dapat diubah
(6) terdapat di segala tempat.
Yang termasuk sifat benda padat adalah nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (1) dan (5)
14. Kegiatan berikut yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi gas adalah ....
A. memasak agar-agar kemudian didinginkan
B. mengeringkan baju basah dengan panas matahari
C. membuat mainan bentuk binatang dari bahan plastik
D. pembuatan es krim
15. Pagar besi yang tidak dicat akan lebih mudah mengalami perkaratan dibanding pagar besi yang dicat. Hal ini diakibatkan adanya ....
A. Pelapukan oleh CO2
B. antara besi H2O dan O2
C. Pembusukan oleh bakteri
D. Pemanasan akibat sinar matahari
16. Perhatikan gambar berikut!
Alat memasak seperti pada gambar menggunakan bahan yang bersifat ....
A. berat dan tidak mudah pecah
B. ringan dan tidak berkarat
C. elastis dan penghantar panas
D. keras dan penghantar panas
17. Kelompok benda berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .
A. ember, panci, solder
B. piring plastik, panci, teko
C. pensil, setrika, sendok logam
D. sendok kayu, pensil, ranting pohon
18. Perhatikan percobaan berikut!
Pada saat air mendidih serpihan kertas bergerak naik turun, karena terjadi perpindahan panas secara ...
A. konveksi
B. radiasi
C. konduksi
D. induksi
19. Perhatikan gambar!
Permainan seperti pada gambar memanfaatkan ….
A. gaya otot dan gaya gesek
B. gaya pegas dan gaya gesek
C. gaya otot dan gaya pegas
D. gaya gravitasi dan gaya magnet
20. Kegiatan berikut yang menunjukkan gaya dapat mengubah arah gerak benda adalah ....
A. Rahman memblok bola voli yang dismes lawan
B. Kiper melakukan tendangan gawang
C. Beberapa orang mendorong lemari
D. Sari membuat hiasan dari kertas origami
21. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan seperti pada gambar memanfaatkan energi ...
A. listrik dan panas
B. cahaya dan kimia
C. kimia dan panas
D. cahaya dan panas
22. Perhatikan contoh-contoh energi berikut!
(1) Matahari
(2) Angin
(3) Batu bara
(4) Panas bumi
(5) Biogas
(6) Minyak bumi
(7) Avtur
(8) Air
Contoh energi alternatif ditandai nomor ....
A. (1), (2), (4), dan (8)
B. (3), (5), (6), dan (8)
C. (1), (2), (3), dan (8)
D. (3), (4), (7), dan (8)
23. Energi alternatif yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar adalah ….
A. spiritus dan premium
B. biosolar dan biogas
C. biodiesel dan geotermal
D. panas matahari dan angin
24. Perhatikan ilustrasi berikut!
Paku di dalam gelas yang berisi air selalu mengikuti gerakan magnet yang digeser-geserkan pada dinding gelas. Hal tersebut membuktikan bahwa ....
A. air mempunyai gaya tarik
B. gaya magnet dapat menembus dinding gelas dan air
C. dinding gelas menjadi magnet
D. paku mempunyai sifat kemagnetan
25. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar dibuka, keadaan lampu-lampu yang terjadi adalah ….
A. L1, L2 menyala dan L3, L4 padam
B. L1, L4 menyala dan L2, L3 padam
C. L2 menyala dan L1, L3, L4 padam
D. L1, L3, L4 menyala dan L2 padam
26. Perhatikan gambar berikut!
Sumber bunyi alat musik pada gambar adalah ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
27. Perhatikan gambar berikut!
Percobaan pada gambar di atas menunjukkan bahwa cahaya mempunyai sifat ...
A. dapat dibiaskan
B. menembus benda bening
C. merambat lurus
D. dapat dipantulkan
28. Kegiatan melestarikan sumber daya alam yang benar adalah ....
A. reboisasi, penanaman sejuta pohon, dan peladangan berpindah
B. reboisasi, pembakaran hutan, dan tebang pilih
C. pembuatan terasering, penanaman sejuta pohon, dan tebang pilih
D. pembuatan terasering, peladangan berpindah, dan pembakaran hutan
29. Dampak negatif penambangan pasir di sungai secara terus menerus adalah ....
A. hilangnya tempat hidup ikan
B. tanah menjadi tandus
C. terjadinya longsor
D. terjadinya banjir
30. Akibat pengambilan terumbu karang untuk diperjualbelikan sebagai hiasan adalah ....
A. kualitas air laut menurun karena jumlah oksigen berkurang
B. ekosistem laut terganggu karena habitat hewan laut rusak
C. kualitas air laut menurun karena tanah dan lumpur mengendap
D. ekosistem laut terganggu karena populasi ikan bertambah
31. Kegiatan berikut yang dapat membantu menjaga siklus air dengan baik adalah ....
A. membuang sampah plastik ke sungai
B. mendirikan bangunan di lahan yang kosong
C. membuat sumur bor di seluruh pemukiman warga
D. menanami halaman dengan pohon yang rindang
32. Planet yang 2/3 permukaannya terdiri dari perairan adalah ….
A. Yupiter
B. Uranus
C. Venus
D. Bumi
33. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat diakibatkan oleh ....
A. revolusi bumi
B. revolusi bulan
C. rotasi bumi
D. rotasi bulan
34. Peristiwa berikut ini yang diakibatkan revolusi bumi adalah ….
A. pergantian siang dan malam
B. perubahan fase-fase bulan
C. gerak semu tahunan matahari
D. gerak semu harian matahari
35. Perhatikan gambar berikut!
Gerhana bulan total terjadi apabila bulan berada pada nomor ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
II. Soal latihan USBN IPA SD/MI 2019 Bentuk Uraian
36. Perhatikan ilustrasi berikut!
Rino mengalami kesulitan melepaskan dua buah gelas plastik P dan Q yang melekat seperti gambar I. Untuk memudahkan melepas kedua gelas tersebut, Rino memasukkannya ke dalam air panas seperti gambar II.
Jelaskan mengapa kedua gelas tersebut dapat terlepas setelah dimasukkan ke dalam air panas!
37. Pembangunan perumahan yang berkembang pesat membutuhkan kayu yang banyak sehingga mengancam kelestarian hutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya-upaya agar kelestarian hutan dapat terjaga.
Sebutkan 3 (tiga) upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan!
38. Perhatikan gambar berikut!
Buatlah skema peredaran darah kecil dan peredaran darah besar berdasarkan gambar!
39. Sebutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya secara berurutan dari yang terkecil ke yang terbesar!
40. Perhatikan gambar berikut!
Sebutkan tahapan proses daur air secara berurutan berdasarkan gambar!
Demikian tentang Soal Latihan USBN IPA SD/MI 2019. Adapun paket soal lengkap kunci jawaban beserta jawabannya, silakan Download.
I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban A, B, C, atau D yang dianggap paling benar pada lembar jawaban yang disediakan!
1. Di sawah terdapat padi, wereng, dan burung pipit. Hubungan antarmakhluk hidup yang dapat terbentuk adalah ....
A. padi diuntungkan karena wereng membantu proses penyerbukan
B. burung pipit diuntungkan karena mendapat makanan dari wereng
C. padi dirugikan karena wereng merusak tanaman padi
D. wereng dirugikan karena mendapat makanan dari burung
2. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup berikut!
(1) Bunga mawar dengan kupu-kupu
(2) Ikan hiu dengan ikan remora
(3) Tumbuhan paku dengan tumbuhan yang ditumpanginya
(4) Burung jalak dengan kerbau
Hubungan makhluk hidup yang membentuk simbiosis mutualisme adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1) dan (4)
3. Tujuan tumbuhan jagung menggulungkan daunnya pada musim panas adalah ....
A. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar
B. memperbesar penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempit
C. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari sempit
D. memperkecil penguapan karena permukaan daun yang terkena sinar matahari lebar
4. Pencemaran sungai akibat limbah pabrik di kawasan industri sangat merugikan. Cara melestarikan lingkungan di daerah tersebut adalah ....
A. melakukan penghijauan agar pencemaran air dapat dicegah
B. melakukan reboisasi di tepi sungai untuk menyerap limbah pabrik
C. mengolah limbah pabrik dengan baik sebelum dibuang ke sungai
D. membersihkan hulu sungai agar aliran air menjadi lancar
5. Burung pelatuk mempunyai bentuk paruh yang panjang, kuat, dan runcing berguna untuk ….
A. melindungi diri dari predator
B. memudahkan memperoleh makanan
C. menarik perhatian lawan jenis
D. membantu mengenali mangsanya
6. Perhatikan gambar!
Hewan yang mengalami daur hidup sesuai gambar adalah ....
A. jangkrik dan belalang
B. kumbang dan lalat
C. lebah dan nyamuk
D. capung dan kupu-kupu
7. Perhatikan gambar!
Bagian rangka yang berfungsi melindungi paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
8. Proses yang terjadi pada selaput lendir di rongga hidung adalah ….
A. penyaringan udara dari debu
B. pemisahan oksigen dan uap air
C. penyesuaian suhu dan kelembapan
D. pelepasan karbon dioksida ke luar tubuh
9. Perhatikan gambar!
Organ yang ditunjuk huruf Z pada gambar menghasilkan asam klorida yang berfungsi untuk ….
A. menggumpalkan susu
B. mencerna protein
C. membunuh bibit penyakit
D. mengubah zat tepung menjadi gula
10. Perhatikan gambar berikut!
Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti pada gambar berturut-turut adalah ….
A. umbi akar dan akar tinggal
B. umbi batang dan akar tinggal
C. umbi akar dan setek batang
D. biji dan setek batang
11. Pernyataan berikut ini yang menjelaskan tentang perkembangan manusia adalah ....
A. Proses menghasilkan individu baru yang sifatnya sama atau menyerupai induknya.
B. Proses menumbuhkan kembali bagian tubuh manusia yang rusak atau lepas.
C. Proses yang menandai perkembangan sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.
D. Proses perubahan dalam pertumbuhan manusia yang dipengaruhi tingkat kematangan fisik.
12. Seiring berjalannya waktu biasanya daya kerja otak akan mengalami kemunduran. Untuk itu otak membutuhkan stimulasi atau olahraga otak agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.
Berikut ini kegiatan yang dapat melatih kinerja otak agar berjalan dengan baik adalah ....
A. membaca buku dan melakukan hal-hal baru.
B. berolahraga dan menghindari tempat-tempat ramai.
C. mengonsumsi makanan berlemak.
D. menghindari makanan yang mengandung zat besi.
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)tidak dipengaruhi wadahnya
(2)mengikuti bentuk wadahnya
(3) menekan ke segala arah
(4) mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya
(5) dapat diubah
(6) terdapat di segala tempat.
Yang termasuk sifat benda padat adalah nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (1) dan (5)
14. Kegiatan berikut yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi gas adalah ....
A. memasak agar-agar kemudian didinginkan
B. mengeringkan baju basah dengan panas matahari
C. membuat mainan bentuk binatang dari bahan plastik
D. pembuatan es krim
15. Pagar besi yang tidak dicat akan lebih mudah mengalami perkaratan dibanding pagar besi yang dicat. Hal ini diakibatkan adanya ....
A. Pelapukan oleh CO2
B. antara besi H2O dan O2
C. Pembusukan oleh bakteri
D. Pemanasan akibat sinar matahari
16. Perhatikan gambar berikut!
Alat memasak seperti pada gambar menggunakan bahan yang bersifat ....
A. berat dan tidak mudah pecah
B. ringan dan tidak berkarat
C. elastis dan penghantar panas
D. keras dan penghantar panas
17. Kelompok benda berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .
A. ember, panci, solder
B. piring plastik, panci, teko
C. pensil, setrika, sendok logam
D. sendok kayu, pensil, ranting pohon
18. Perhatikan percobaan berikut!
Pada saat air mendidih serpihan kertas bergerak naik turun, karena terjadi perpindahan panas secara ...
A. konveksi
B. radiasi
C. konduksi
D. induksi
19. Perhatikan gambar!
Permainan seperti pada gambar memanfaatkan ….
A. gaya otot dan gaya gesek
B. gaya pegas dan gaya gesek
C. gaya otot dan gaya pegas
D. gaya gravitasi dan gaya magnet
20. Kegiatan berikut yang menunjukkan gaya dapat mengubah arah gerak benda adalah ....
A. Rahman memblok bola voli yang dismes lawan
B. Kiper melakukan tendangan gawang
C. Beberapa orang mendorong lemari
D. Sari membuat hiasan dari kertas origami
21. Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan seperti pada gambar memanfaatkan energi ...
A. listrik dan panas
B. cahaya dan kimia
C. kimia dan panas
D. cahaya dan panas
22. Perhatikan contoh-contoh energi berikut!
(1) Matahari
(2) Angin
(3) Batu bara
(4) Panas bumi
(5) Biogas
(6) Minyak bumi
(7) Avtur
(8) Air
Contoh energi alternatif ditandai nomor ....
A. (1), (2), (4), dan (8)
B. (3), (5), (6), dan (8)
C. (1), (2), (3), dan (8)
D. (3), (4), (7), dan (8)
23. Energi alternatif yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar adalah ….
A. spiritus dan premium
B. biosolar dan biogas
C. biodiesel dan geotermal
D. panas matahari dan angin
24. Perhatikan ilustrasi berikut!
Paku di dalam gelas yang berisi air selalu mengikuti gerakan magnet yang digeser-geserkan pada dinding gelas. Hal tersebut membuktikan bahwa ....
A. air mempunyai gaya tarik
B. gaya magnet dapat menembus dinding gelas dan air
C. dinding gelas menjadi magnet
D. paku mempunyai sifat kemagnetan
25. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar dibuka, keadaan lampu-lampu yang terjadi adalah ….
A. L1, L2 menyala dan L3, L4 padam
B. L1, L4 menyala dan L2, L3 padam
C. L2 menyala dan L1, L3, L4 padam
D. L1, L3, L4 menyala dan L2 padam
26. Perhatikan gambar berikut!
Sumber bunyi alat musik pada gambar adalah ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
27. Perhatikan gambar berikut!
Percobaan pada gambar di atas menunjukkan bahwa cahaya mempunyai sifat ...
A. dapat dibiaskan
B. menembus benda bening
C. merambat lurus
D. dapat dipantulkan
28. Kegiatan melestarikan sumber daya alam yang benar adalah ....
A. reboisasi, penanaman sejuta pohon, dan peladangan berpindah
B. reboisasi, pembakaran hutan, dan tebang pilih
C. pembuatan terasering, penanaman sejuta pohon, dan tebang pilih
D. pembuatan terasering, peladangan berpindah, dan pembakaran hutan
29. Dampak negatif penambangan pasir di sungai secara terus menerus adalah ....
A. hilangnya tempat hidup ikan
B. tanah menjadi tandus
C. terjadinya longsor
D. terjadinya banjir
30. Akibat pengambilan terumbu karang untuk diperjualbelikan sebagai hiasan adalah ....
A. kualitas air laut menurun karena jumlah oksigen berkurang
B. ekosistem laut terganggu karena habitat hewan laut rusak
C. kualitas air laut menurun karena tanah dan lumpur mengendap
D. ekosistem laut terganggu karena populasi ikan bertambah
31. Kegiatan berikut yang dapat membantu menjaga siklus air dengan baik adalah ....
A. membuang sampah plastik ke sungai
B. mendirikan bangunan di lahan yang kosong
C. membuat sumur bor di seluruh pemukiman warga
D. menanami halaman dengan pohon yang rindang
32. Planet yang 2/3 permukaannya terdiri dari perairan adalah ….
A. Yupiter
B. Uranus
C. Venus
D. Bumi
33. Terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat diakibatkan oleh ....
A. revolusi bumi
B. revolusi bulan
C. rotasi bumi
D. rotasi bulan
34. Peristiwa berikut ini yang diakibatkan revolusi bumi adalah ….
A. pergantian siang dan malam
B. perubahan fase-fase bulan
C. gerak semu tahunan matahari
D. gerak semu harian matahari
35. Perhatikan gambar berikut!
Gerhana bulan total terjadi apabila bulan berada pada nomor ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
II. Soal latihan USBN IPA SD/MI 2019 Bentuk Uraian
36. Perhatikan ilustrasi berikut!
Rino mengalami kesulitan melepaskan dua buah gelas plastik P dan Q yang melekat seperti gambar I. Untuk memudahkan melepas kedua gelas tersebut, Rino memasukkannya ke dalam air panas seperti gambar II.
Jelaskan mengapa kedua gelas tersebut dapat terlepas setelah dimasukkan ke dalam air panas!
37. Pembangunan perumahan yang berkembang pesat membutuhkan kayu yang banyak sehingga mengancam kelestarian hutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya-upaya agar kelestarian hutan dapat terjaga.
Sebutkan 3 (tiga) upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan!
38. Perhatikan gambar berikut!
Buatlah skema peredaran darah kecil dan peredaran darah besar berdasarkan gambar!
39. Sebutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya secara berurutan dari yang terkecil ke yang terbesar!
40. Perhatikan gambar berikut!
Sebutkan tahapan proses daur air secara berurutan berdasarkan gambar!
Demikian tentang Soal Latihan USBN IPA SD/MI 2019. Adapun paket soal lengkap kunci jawaban beserta jawabannya, silakan Download.
Comments
Post a Comment
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag ... KODE ...
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag ... KODE ...
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]
Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tool Konversi Kode terlebih dahulu untuk menampilkan kode tersebut pada kolom komentar