Download Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 6, 7, 8, dan 9 Tahun Pelajaran 2017/2018
Buku Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru 2015 untuk Tahun Pelajaran 2017/2018_ Bagi Bapak/Ibu yang sedang mencari buku K13 Kelas 6 Semester 2 Edisi Revisi 2017/2018, silakan download saja buku K13 kelas 6 revisi 2015 karena buku yang digunakan oleh SD/MI kelas 6 yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 adalah buku K13 Edisi Revisi terbaru yakni revisi 2015. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai siswa. Selain itu juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diinginkan.
Buku yang ditulis mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.
Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia.
Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaiaan masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas VI SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas dan urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa.
Buku ini juga mengarahkan hal-hal yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.
Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai siswa sehari-hari.
Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan. Materi-materi berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multidisipliner dan interdisipliner, agar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, agar tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.
Buku ini merupakan penjabaran dari hal-hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.
Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 6 Semester II Kurikulum 2013 Tema 6 "Menuju Masyarakat Sehat", Tema 7 "Kepemimpinan", Tema 8 "Bumiku", dan Tema 9 "Menjelajah Angkasa Luar" file PDF yang tersimpan dalam google drive dapat diunduh melalui link download yang ada di halaman ini.
Daftar Link Download Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Guru dan Siswa Kelas 6 SD/MI Semester 2 Tema 6, 7, 8, dan 9
A. Buku Guru Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru untuk Kelas 6 SD/MI Semester 2
Buku SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017:
Buku yang ditulis mengacu pada kurikulum 2013 ini dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.
Kompetensi yang diharapkan dari seorang lulusan SD/MI adalah kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret. Kemampuan lain yang diharapkan dalam kompetensi inti, salah satunya adalah kemampuan untuk menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, atau dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak sehat, beriman, dan berakhlak mulia.
Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan penyelesaiaan masalah (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas VI SD/MI ini disusun berdasarkan konsep itu. Sebagaimana lazimnya buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas dan urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa.
Buku ini juga mengarahkan hal-hal yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi, atau dihafal.
Pencapaian kompetensi terpadu menuntut pendekatan pembelajaran tematik terpadu, yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai siswa sehari-hari.
Siswa diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner yang menempatkan kompetensi yang dibelajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungan. Materi-materi berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan, membentuk pembelajaran multidisipliner dan interdisipliner, agar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidakselarasan antarmateri mata pelajaran. Tujuannya, agar tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.
Buku ini merupakan penjabaran dari hal-hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya.
Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 6 Semester II Kurikulum 2013 Tema 6 "Menuju Masyarakat Sehat", Tema 7 "Kepemimpinan", Tema 8 "Bumiku", dan Tema 9 "Menjelajah Angkasa Luar" file PDF yang tersimpan dalam google drive dapat diunduh melalui link download yang ada di halaman ini.
A. Buku Guru Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru untuk Kelas 6 SD/MI Semester 2
- Download Buku Guru Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat
- Download Buku Guru Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 7 Kepemimpinan
- Download Buku Guru Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 8 Bumiku
- Download Buku Guru TKelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar
- Download Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat
- Download Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 7 Kepemimpinan
- Download Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 8 Bumiku
- Download Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi Terbaru Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar
Buku SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017:
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 1 SD/MI Semester 2 Tema 5, 6, 7, dan 8
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI Semester 2 Tema 5, 6, 7, dan 8
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 SD/MI Semester 2 Tema 6, 7, 8, dan 9
- Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI Semester 1 dan 2 Tema 1 sampai 9
Comments
Post a Comment
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag ... KODE ...
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag ... KODE ...
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]
Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tool Konversi Kode terlebih dahulu untuk menampilkan kode tersebut pada kolom komentar