Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, pdf, foto, dll melalui Email - Mengirim email bersama-sama bukanlah perkara yang sulit, sangat gampang sekali terutama untuk anda yang sering sekali berkecimpung di dunia online, namun untuk anda yang jarang sekali berinteraksi dengan internet apalagi anda benar-benar gres pertama kali memakai internet tentu akan mengalami kesulitan ketika diminta untuk mengirimkan email.
Kesulitan mengirim pesan via email pernah saya alami, itu dulu pada dikala pertama kali masuk perkuliahan, alasannya yakni pada waktu itu saya masih gaptek sama sekali belum mengenal internet, jangankan internet komputer pun gres pertama kali menyentuh, ditambah lagi jaringan internet pada waktu itu sangat mahal dan lambat tidak menyerupai sekarang,sehingga niat untuk internetan pun sering sekali urung.
Untuk mengirim email langkah-langkahnya sangat gampang sekali, namun sebelum anda dapat mengirim email, anda harus mempunyai alamat email terlebih dahulu, bila anda belum mempunyai alamat email sebaiknya anda membuatnya terlebih dahulu memakai layanan email gratisan.
Ada berbagai layanan email gratisan untuk menciptakan email, beberapa yang paling terkenal diantaranya yakni email google (gmail) dan email yahoo (ymail).
di artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan mengenai langkah-langkah menciptakan email, alasannya yakni akan terlalu panjang, jadi untuk anda yang kebetulan belum mempunyai email dan ingin membuatnya anda dapat membaca artikel berikut:
Apa yang saya akan uraikan diartikel kali ini yakni mengenai panduan dan langkah-langkah cara mengiri file dokumen ms word, excel, pdf melalui email, baik email yahoo maupun email google.
Maka akan keluar kemudahan untuk mengirim email menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
Untuk mengirim pesan email dan lampirannya maka silahkan isi data yang diminta:
Kesulitan mengirim pesan via email pernah saya alami, itu dulu pada dikala pertama kali masuk perkuliahan, alasannya yakni pada waktu itu saya masih gaptek sama sekali belum mengenal internet, jangankan internet komputer pun gres pertama kali menyentuh, ditambah lagi jaringan internet pada waktu itu sangat mahal dan lambat tidak menyerupai sekarang,sehingga niat untuk internetan pun sering sekali urung.
Untuk mengirim email langkah-langkahnya sangat gampang sekali, namun sebelum anda dapat mengirim email, anda harus mempunyai alamat email terlebih dahulu, bila anda belum mempunyai alamat email sebaiknya anda membuatnya terlebih dahulu memakai layanan email gratisan.
Ada berbagai layanan email gratisan untuk menciptakan email, beberapa yang paling terkenal diantaranya yakni email google (gmail) dan email yahoo (ymail).
di artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan mengenai langkah-langkah menciptakan email, alasannya yakni akan terlalu panjang, jadi untuk anda yang kebetulan belum mempunyai email dan ingin membuatnya anda dapat membaca artikel berikut:
Apa yang saya akan uraikan diartikel kali ini yakni mengenai panduan dan langkah-langkah cara mengiri file dokumen ms word, excel, pdf melalui email, baik email yahoo maupun email google.
Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, pdf, foto, dll melalui Email
Untuk mengirim lampiran berupa file atau dokumen melalui email langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:
1. Panduan mengirim file microsoft word, excel melalui email GMail
Untuk mengirim file atau berkas dokumen ms word atau excel melalui email Gmail langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:
a. Buka alamat gmail di komputer pc atau laptop anda (silahkan gunakan browser mozila firefox atau google chrome untuk membuka alamat tersebut).
b. Lalu Silahkan login memakai user dan password email gmail anda.
c. Setelah anda masuk ke halaman utama akun email gmail anda, silahkan tekan tombol tulis atau compose menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
Maka akan keluar kemudahan untuk mengirim email menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
Untuk mengirim pesan email dan lampirannya maka silahkan isi data yang diminta:
- Kepada :, silahkan isi dengan alamat email tujuan, alamat email tujuan tidak harus alamat email gmail jadi boleh alamat email apa saja, anda dapat mengirim ke banyak alamat email dalam satu kali kirim, bila alamat email tujuan lebih daru satu setiap alamat pisahkan dengan titik koma.
- Subjek:, silahkan isi dengan Judul Pesan email anda, Subjek akan kelihatan sebagai judul pesan email yang dibaca oleh pemilik email tujuan.
- Silahkan Isi pesan email di kotak di bawah Subjek.
Jika anda ingin mengirim berkas laporan berupa dokumen microsoft word, excel, pdf, gambar atau dokumen lainnya via email gmail, maka anda harus menekan tombol attachment (icon bergambar clip / peniti) yang letaknya di bab bawah. menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
Dengan menekan tombol attachement tersebut, maka akan muncul obrolan open yang akan meminta anda untuk menentukan file atau dokumen yang ingin anda kirimkan.
Silahkan cari dan arahkan ke file atau dokumen ms word atau ms excel yang ingin anda kirim via email, kemudian tekan tombol open, file yang dipilih akan diupload oleh gmail dan siap untuk dikirimkan melalui email.
Jika isi pesan dan berkas dokumen laporan sudah diattach ke email anda, maka selanjutnya silahkan tekan tombol Kirim. maka email pun akan dikirim ke alamat email tujuan.
2. Cara Mengirim Dokumen MS Word atau Excel melalui Email Yahoo (YMail)
Untuk mengirim berkas laporan atau dokeumen ms word atau excel melalui email yahoo, bersama-sama tidak jauh berbeda dengan cara mengirim email lewat email google di atas, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:
1. Buka alamat email yahoo di komputer pc atau laptop anda (silahkan gunakan browser mozila atau google chrome)
2. Lalu silahkan login memakai alamat email dan password email yahoo anda.
3. Setelah masuk selanjutnya silahkan tekan gambar surat bertuliskan email yang letaknya dipojok kanan atas
4. Selanjutnya sehabis anda masuk ke akun email anda, silahkan tekan tombol Tulis / Compose untuk mulai menciptakan pesan email.
Akan tampil menyerupai gambar di bawah ini:
TAmpilannya kurang lebih relative sama dengan kemudahan pengiriman email di email gmail, silahkan isi data yang diminta:
- Kepada :, silahkan isi dengan alamat email tujuan, alamat email tujuan tidak harus alamat email gmail jadi boleh alamat email apa saja, anda dapat mengirim ke banyak alamat email dalam satu kali kirim, bila alamat email tujuan lebih daru satu setiap alamat pisahkan dengan titik koma.
- Subjek:, silahkan isi dengan Judul Pesan email anda, Subjek akan kelihatan sebagai judul pesan email yang dibaca oleh pemilik email tujuan.
- Tulis Sesuatu, silahkan tulis pesan email
Untuk mengirim berkas file atau dokumen ms word, excel atau gambar, selanjutnya silahkan tekan tombol attach (bergambar clip / peniti)
Anda akan diminta untuk menentukan file yang akan diupload, silahkan nanti pilih file yang akan anda upload.
5. Selanjutnya tombol Kirim, untuk mengirim email yang dilengkapi dengan berkas file atau dokumen laporan ms excel atau word.
Kesimpulan
Mengirim email bersama-sama sangat mudah, apalagi dikala ini sudah ada email versi mobile, sehingga pengiriman email dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet.
Saat ini pengiriman email bukan hanya dapat dilakukan melalui komputer, tetapi dapat juga dilakukan melalui perangkat mobile menyerupai hp atau smartphone.
Langkahnya pun tidak jauh berbeda ketika anda mengirim pesan dokumen berkas atau file melalui email.
Demikian artikel sederhana mengenai Panduan Cara Mengirim File Word, Excel, pdf, foto, dll melalui Email, biar bermanfaat.
Comments
Post a Comment
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Untuk menyisipkan kode, gunakan tag ... KODE ...
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag ... KODE ...
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. TEKS ...[/catatan]
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR[/img]
Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tool Konversi Kode terlebih dahulu untuk menampilkan kode tersebut pada kolom komentar