Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani_Apa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia?_Apa manfaat menjalankan ibadah puasa bagi kesehatan rohani dan jasmani manusia?_Puasa, terutama puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya (bagi umat Muslim). Selain merupakan suatu kewajiban, ternyata puasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik kesehatan rohani maupun kesehatan jasmani. Kalau dilihat dari segi ibadah, jelaslah bahwa puasa itu bisa menenangkan jiwa rohani kita, lalu bagaimana puasa bisa menyehatkan jasmani kita, padahal puasa itu kan menahan rasa lapar, haus, dan nafsu dari (waktu imsak) atau mulai terbitnya fajar sodik sampai (waktu maghrib) terbenamnya matahari. Adapun  selengkapnya tetang apa saja manfaat puasa untuk kesehatan jasmani dan rohani, silakan simak ulasan di bawah ini.

A. Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Jasmani
Kesehatan jasmani adalah kesehatan yang berkaitan dengan kondisi badan kita, tentunya secara fisik. Adapun manfaat berpuasa bagi kesehatan jasmani sebagai berikut:

1. Bermanfaat Menyehatkan Pembuluh Darah dan Jantung
Ketika kita sedang berpuasa, tubuh kita akan melakukan peningkatan terutama peningkatan LDL dan sekaligus penurunan LDL yang ternyata hal tersebut dianggap menyehatkan pembuluh darah serta jantung.

Apa itu LDL?
Low Density Lippoprotein disingkat LDL adalah pengangkut kolesterol dari liver ke sel-sel. Bila terlalu banyak LDL, kolesterol akan menumpuk di dinding-dinding arteri dan menyebabkan sumbatan arteri (aterosklerosis). Semakin rendah kadar LDL, semakin kecil risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. Faktor risiko penyakit jantung dan stroke lainnya menentukan seberapa tinggi LDL Anda seharusnya dan penanganan apa yang tepat bagi Anda.

2. Bermanfaat Bagi Pencernaan
Manfaat puasa bagi alat pencernaan adalah memberi kesempatan kepada alat pencernaan untuk istirahat, mengurangi beban kerja saluran pencernaan dan juga meregenerasi sel yang terdapat didalam saluran pencernaan.

3. Ginjal Menjadi Lebih Sehat
Ginjal bertugas menyaring zat berbahaya. Dengan berpuasa, ginjal kita akan bertambah sehat karena fungsinya akan maksimal jika osmosis dalam ginjal turun menjadi 1.000 sampai 12.000ml. Osmosis bisa turun dengan kita berpuasa, yang secara langsung mengurangi asupan air ketika kita berpuasa.

4. Sistem Imun Meningkat
Ternyata dengan kita berpuasa, maka sistem imun dalam tubuh kita justru akan meningkat. Karena hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian. Ketika kita berpuasa, ternyata Limfosit akan mengalami peningkatan sebesar 10x lipat, dan mempunyai pengaruh terhadap sistem imun, sehingga berpuasa memang mgnhindarkan kita dari serangan virus.

5. Mengurangi Kegemukan dan Mencegah Diabetes
Dengan berpusa, usus-usus dalam tubuh akan bersih dari sisa endapan makanan. Sedangkan endapan makanan ini yang jika berlebih akan menjadi lemak dalam tubuh.
Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

B. Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Rohani
Kesehatan rohani adalah segala hal yang yang berhubungan dengan mental dan hati. Berikut ini merupakan manfaat puasa bagi kesehatan mental:

1. Mententeramkan Hati dan Menenangkan Pikiran
Dengan menjaga segala tingkah laku kita agar terhindar dari emosi-emosi negatif serta perilaku negatif, secara otomatis akan dapat membuat pikiran kita menjadi tenang dan hati menjadi damai tenteram.

2. Keimanan Meningkat
Karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh akan rahmat serta ampunan, maka secara otomastis akan dimanfaatkan secara maksimal untuk beribadah sebanyak mungkin. Hal ini otomatis akan meningkatkan keimanan yang ada pada diri kita.

3. Jiwa Sosial Meningkat
Ketika bulan Ramadhan tiba, yang notabene penuh berkah dan ampunan, juga akan dimanfaatkan bagi banyak orang untuk beramal. Biasanya dengan mengajak anak yatim untuk berbuka bersama. Hal inilah yang mampu meningkatkan jiwa sosial kita selama bulan Ramadhan.

4. Pencegah sekaligus Penyembuh Penyakit Mental
Di dalam otak kita terdapat neurogical cells, yang merpakan sel-sel pembantu yang membersihkan sekaligus menyehatkan otak. Sel neurogical ini fungsinya bisa maksimal saat kita menjalankan puasa, dengan cara memakan sel-sel neuron yang sakit atau mati. Sehingga penyakit mental dapat divegah sekaligus disembuhkan.

5. Pencegah Penyakit Kronis dengan Keadaan Psikologis yang Tenang
Dengan berpuasa, penyakit kronis bisa dicegah. Selain menahan lapar dan haus, dengan berpuasa otomatis kita pasti juga akan menahan emosi-emosi negatif, yang berdampak memberikan ketenangan secara psikologi. Dengan keadaan psikologi kita yang tenang, maka kadar adrenalin dalam tubuh kita juga akan menurun.

Minimnya kadar adrenalin dalam tubuh memberiman dampak positif seperti: mencegah empedu berkontraksi dan pembentukan kolesterol yang bisa mengurangi resiko terjangkitnya penyakit pembuluh darah, jantung koroner, stroke dll.

Artikel terkait : Cara Mengatur Pola Makan di Bulan Puasa Ramadan

Demikian sekiranya beberapa informasi penting yang dapat saya sampaikan terkait manfaat puasa bagi kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Semoga kita semua diberi kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar.

Comments